mandalika dimana

Traveling kadang memiliki image boros dan hanya buang-buang uang. Padahal manusia tetap perlu traveling agar pikiran jadi segar dan lebih produktif saat kembali kerja. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap traveling tanpa boros?

 

Ada beberapa kiat khusus yang bisa kamu coba agar traveling anti boros. Kuncinya, buang gengsi dan tahan diri untuk tetap hemat. Penasaran seperti apa kiatnya? Simak di bawah berikut:

 

Beli tiket pesawat di jauh hari

Usahakan membeli tiket di jauh hari sebelum keberangkatan, kira-kira sekitar 3 bulan sampai satu tahun. Harga tiket pesawat pasti relatif lebih murah dan tentunya kamu tidak akan kehabisan tiket jika pergi pada peak season. Jangan lupa, berburu juga di travel fair agar mendapat harga tiket yang lebih murah.

 

Pilih penginapan yang sesuai anggaran

Salah satu biaya terbesar saat traveling adalah di pos akomodasi atau penginapan. Misalnya kamu ingin traveling ke Lombok, urungkan niat untuk menginap di hotel seperti Novotel Mandalika. Pilih hostel yang jauh lebih murah tapi tetap yang mengutamakan kebersihan. Kini sudah banyak, kok, hostel yang memberikan pelayanan dengan kebersihan sekelas hotel. Serunya di hostel, kamu bisa bertemu dengan para traveler lain baik dari sesama orang Indonesia, maupun mancanegara.

 

Tidak makan di restoran mahal

Wisata kuliner saat liburan memang perlu, tapi kalau selalu memanjakan (dan memaksakan) diri untuk makan di restoran mahal, wah dompet kamu akan jebol sebelum pulang nanti. Sebaiknya, pilih tempat makan yang menjual makanan khas kota tersebut. Misalnya kamu sedang traveling di Jogja dan ingin mencoba gudeg asli Yogyakarta. Cari rumah makan sederhana yang menjual gudeg namun selalu ramai pembeli. Biasanya rasa gudegnya otentik dan lezat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

 

Gunakan transportasi umum

Agar menghemat biaya, gunakanlah transportasi umum dibanding taksi. Harganya tentu berbeda karena transportasi umum seperti bis atau angkot jauh lebih murah. Seperti contoh, kamu ingin ke daerah Mandalika dimana perhelatan MotoGP digelar dan mau merasakan hypenya. Kamu bisa naik transportasi umum seperti bus yang tersedia di sana. Dengan naik transportasi umum, juga bisa berinteraksi dengan traveler lain dan warga lokal di sana.

 

Beli oleh-oleh seperlunya

Siapa yang tidak tertarik dengan uniknya pernak-pernik dan camilan khas saat berada di pusat oleh-oleh? biasanya, oleh-oleh menjadi pos pengeluaran yang terduga namun tidak terkontrol. Karena saat melihat hamparan oleh-oleh yang ada, kita tanpa pikir panjang langsung membeli dan berdalih, “nanti juga butuh.” Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya buat daftar siapa saja yang ingin kamu berikan oleh-oleh. Mulai dari keluarga, orang terdekat, kolega kantor, dan sebagainya.

 

Selamat traveling hemat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.