cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami masalah komedo hitam. Munculnya komedo hitam memang akan membuat penampilan jadi terganggu. Komedo hitam bisa muncul di area hidung dan hal tersebut membuat beberapa orang merasa kurang percaya diri. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu komedo hitam serta bagaimana cara menghilangkannya, maka perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Apa Itu Komedo Hitam dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

Komedo hitam memang mudah sekali Anda temukan di area kulit. Komedo tersebut memiliki warna gelap serta sedikit timbul. Hal tersebut berbeda lagi seperti beberapa bintik lain, karena komedo hitam tidak meradang, sehingga tidak menyebabkan rasa nyeri ketika Anda menyentuhnya.

Sekalipun di sini komedo hitam bukan merupakan jenis jerawat yang cukup ringan, namun komedo tersebut terkadang akan menyebabkan penderita jadi stress. Jika dibandingkan dengan bintik lainnya, komedo hitam memang memiliki warna yang cenderung menonjol serta sifatnya yang lebih membandel.

Komedo hitam utamanya ditemukan di area tengah wajah, namun dapat timbul juga di bagian dada, punggung, leher, lengan dan juga area bahu. Komedo hitam tersebut diakibatkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Folikel berisi kelenjar dan rambut yang memproduksi sebum berguna dalam menjaga kulit supaya tetap lembut.

Sel-sel kulit mati dan juga sebum terkumpul dan menyebabkan sumbatan, hingga akhirnya berubah menjadi warna kehitaman karena bersentuhan dengan udara dan lingkungan luar. Hal itu sama seperti ketika Anda membiarkan potongan buah berada di udara luar yang akhirnya akan berubah warna.

Komedo hitam ini terbentuk dengan cara yang relatif berbeda dengan noda-noda lainnya. Komedo tersebut bukan merupakan hasil dari kegiatan bakteri, melainkan terbentuk oleh karena tumpukan sebum yang terjadi secara berlebih. Akibatnya Anda tidak terlalu mempedulikan komedo di area kulit karena tidak mengganggu tubuh.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung terbilang mudah. Anda bisa mengandalkan salicylic acid. Asam tersebut mampu mengexfoliasi kulit secara lembut dan membuka sumbatan pori-pori di kulit Anda.

Selain itu, salicylic acid akan membantu dalam menangani masalah penumpukan sel kulit mati dengan cara membantu pergantian sel kulit yang sehat. Salicylic acid tersebut bisa Anda temukan dalam produk seperti krim, pencuci wajah dan juga jel. Jangan lupa bagi Anda untuk selalu memperlakukan kulit dengan cara yang lembut guna menghindari kemerahan dan iritasi pada kulit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.