Ada beberapa syarat yang harus Anda patuhi saat Anda memutuskan mengirim barang atau paket untuk menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri. Semua itu harus dipenuhi terlebih dahulu secara lengkap.

Setelah itu, baru Anda dapat mengirimkan barang ke luar negeri dengan menggunakan jasa layanan kirim atau impor barang menggunakan jasa ekspedisi. Berikut ini adalah beberapa syarat yang perlu anda ketahui, antara lain yaitu :

Apa Saja Syarat Barang yang Boleh Dikirim Menggunakan Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri ?

  1. Packing Barang dengan Rapi

Salah satu syarat barang yang boleh dikirim menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri adalah barang harus dibungkus atau dipacking dengan rapi. Hal ini memiliki tujuan untuk menghindari kerusakan pada barang milik Anda tersebut.

Karena pada saat proses pengiriman tentu akan ada banyak barang yang ditumpuk dan dikirim secara bersamaan. Tentu hal ini akan meningkatkan resiko adanya kerusakan pada barang-barang yang ditumpuk itu.

  1. Membayar Ongkir Terlebih Dahulu

Apabila Anda telah selesai membungkus barang dengan rapi, maka berikutnya Anda harus membayar biaya ongkir Malaysia ke Indonesia sesuai dengan volume dan berat dari barang itu sendiri.

Customer service akan melakukan pengecekannya saat Anda menyerahkan barang. Kemudian Anda akan bisa mengetahui harga ongkos kirim untuk barang tersebut.

  1. Sudah Mendapatkan Bukti Pembayaran Ongkir

Setelah membayar biaya ongkos kirim, pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan bukti pembayaran atau struk dari pihak jasa pengiriman. Karena bisa saja sewaktu – waktu Anda membutuhkan data tersebut.

Atau hanya untuk sekedar melacak keberadaan paket Anda saat dalam masa pengiriman dilakukan. Tentu hal ini akan sangat berguna dan membantu Anda.

  1. Telah Memenuhi Syarat

Barang – barang yang akan dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang ke luar negeri harus telah memenuhi syarat secara lengkap. Terutama mengenai kelengkapan dokumen – dokumen yang diperlukan.

Karena itu semua nantinya akan berguna bagi Anda saat sudah sampai di perbatasan negara dan akan melakukan screening bea cukai. Setiap barang yang keluar masuk dari suatu negara akan dikenakan bea cukai atau pajak. Anda harus menyediakan sejumlah uang dan menunjukkan beberapa persyaratan lainnya.

  1. Bukan Barang yang Dilarang

Barang yang akan Anda kirimkan juga tidak boleh barang yang dilarang. Terutama yang dapat menganggap keselamatan jiwa banyak orang. Hal ini tentu akan sangat mengkhawatirkan dan bisa membahayakan orang-orang yang ada di dekat Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika memang Anda ingin mengirimkan barang, maka pastikan barang itu aman dan tidak berbahaya.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami paparkan mengenai syarat – syarat barang yang boleh dikirimkan mengggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri ini. Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca. Selamat membaca!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.