Berikut ulasan salah satu kontestan yang tergabung di Grup D Euro 2020 dan negara tersebut dihuni beberapa pemain berlabel Liga Inggris. Salah satu kontestan Grup D Euro 2020 yakni Skotlandia berpotensi jadi kuda hitam lantaran dihuni 11 pemain berlabel Liga Inggris. Pasukan Skotlandia yang dipimpin oleh Steve Clarke tergabung di Grup D Euro 2020 bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko.

Grup D Euro 2020 akan menggelar pertandingan pembuka pada 13 Juni mendatang antara Inggris vs Kroasia. Kemudian laga selanjutnya terjadi sehari berselang dengan mempertemukan Skotlandia vs Republik Ceko. Skotlandia akan memulai petualangannya di Euro 2020 dengan diawali keputusan Steve Clarke menentukan 26 pemain pilihannya.

Steve Clarke lebih dulu menentukan Andrew Roberts fullback milik Liverpool sebagai kapten tim Skotlandia. Pemilihan ban kapten diberikan kepada Andrew Robertson tentu sudah mempertimbangkan banyak hal. Apalagi Robertson bermain reguler untuk Liverpool dan berkontribusi saat mengamankan trofi Liga Inggris dan Liga Champions.

Pengalaman Robertson bermain dan bertemu tim tim Eropa tentu tidak bisa diragukan lagi. Dengan ini Robertson akan ditemani 3 pemain yang juga berlabel Liga Inggris memiliki posisi sama di garis pertahanan. Pertama, di posisi pertahanan ada Kieran Tierney pemain serba bisa milik Arsenal yang masih berusia 23 tahun.

Tierney beberapa kali dipasang pelatih Arsenal Mikel Arteta untuk menempati posisi bek tengah, fullback maupun gelandang sayap. Banyaknya posisi yang bisa dimainkan oleh Tierney bisa menjadi berkah bagi Steve Clarke untuk mencari potensinya bersama Skotlandia. Pemain kedua dan ketiga yang juga berposisi sebagai pemain bertahan yakni Liam Cooper kapten Leeds United serta Grant Hanley tim promosi Norwich di Liga Inggris musim depan.

Kemudian beralih ke posisi pemain tengah, ada sebanyak 5 pemain yang memperkuat tim di Liga Inggris. Jumlah lima pemain Liga Inggris di posisi lini tengah seakan menjadi kekuatan khusus Clarke untuk memulai serangan ke gawang lawannya. Seperti adanya gelandang bertahan Manchester United Scott McTominay yang kemungkinan berduet dengan pemain senior tim degradasi Sheffield United, John Fleck.

McTominay memiliki gaya bermain yang kuat dalam duel duel fisik selama diperankan Ole Gunnar Solskjaer sebagai gelandang. Namun dari itu semua, McTominay juga sedikit mempunyai kekurangan tidak berada di posisinya apabila ikut naik membantu bertahan. Kekurangan McTominay kemungkinan diatasi pelatih Skotlandia dengan memasang John Fleck yang memerankan gelandang jangkar.

Selain itu, masih ada pemain Southampton, Stuart Amstrong yang memiliki daya jelajah sebagai gelandang sayap. Sisa 2 pemain berposisi gelandang yang berlabel Liga Inggris dalam skuad Skotlandia di Euro 2020 ialah Billy Gilmour gelandang muda Chelsea dan John McGin asal Aston Villa. Billy Gilmour dan John McGinn bisa diproyeksikan sebagai pengganti McTominay serta John Fleck karena kesamaan visi bermainnya.

Sementara itu dua pemain terakhir berlabel Liga Inggris dalam skuad Skotlandia berposisikan sebagai pemain depan. Keduanya adalah Che Adam rekan setim Amstrong dan Ryan Fraser penyerang milik Newcastle United. Menarik dinantikan racikan Steve Clarke memanfaatkan kualitas pemain berlabel Liga Inggris dalam skuad Skotlandia.

Penjaga gawang: Craig Gordon (Hati), David Marshall (Derby County), Jon McLaughlin (Rangers). Bek: Nathan Patterson (Rangers), Stephen O'Donnell (Motherwell), Andy Robertson (Liverpool), Kieran Tierney (Arsenal), Greg Taylor (Celtic), Liam Cooper (Leeds United), Grant Hanley (Norwich City), Declan Gallagher (Motherwell), Scott McKenna (Aberdeen), Jack Hendry (Celtic). Gelandang: Billy Gilmour (Chelsea), Callum McGregor (Celtic), Scott McTominay (Manchester United), Stuart Armstrong (Southampton), John McGinn (Aston Villa), John Fleck (Sheffield United), David Turnbull (Celtic).

Penyerang: Che Adams (Southampton), James Forrest (Celtic), Ryan Christie (Celtic), Ryan Fraser (Newcastle United), Lyndon Dykes (Queens Park Rangers), Kevin Nisbet (Hibernian). 13 Juni 2021 Pukul 20.00 WIB Inggris vs Kroasia

14 Juni 2021 Pukul 20.00 WIB Skotlandia vs Republik Ceko 18 Juni 2021

Pukul 23.00 WIB Kroasia vs Republik Ceko 19 Juni 2021 Pukul 02.00 WIB Inggris vs Skotlandia

23 Juni 2021 Pukul 02.00 WIB Kroasia vs Skotlandia

Republik Ceko vs Inggris Berita Euro 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.