Kumpulan Contoh Proposal Skripsi dan Cara Membuatnya

Posted on

Contoh Proposal Skripsi – Proposal skripsi adalah suatu kewajiban bagi mahasiswa (S1) yang sedang menyelesaikan tugas akhir kuliah, dalam pembuatan proposal skripsi harus mempunyai teknik dan gaya penulisan yang baik, rapi dan bagus. Proposal skripsi akan di serahkan kepada dosen pembimbing, namun terkadang skripsi menjadi tugas yang sangat menakutkan untuk para mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir, dan apabila selasei menyusun skripsi pasti nantinya akan menemui sidang skripsi dan itu menjadi pembahasan yang amat sangat serius takut nanti ada yang salah dalam penyusunan skripsi tersebut.

Pada kenyataannya skripsi tersebut merupakan salah satu karya tulis ilmiah sendiri yang sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk menyusun tugas akhir bagi mereka yang sudah menjalani dari semester awal hingga semester akhir. Skripsi sendiri berisikan suatu hasil dari penelitian yang sesuai dengan bidang ilmu mereka masing-masing, dalam penyusunan skripsi setiap universitas mempunyai ciri khas sendiri sehingga satu universitas dengan universitas lain nya berbeda dalam penyusunan skripsi, oleh karena itu banyak mahasiswa mencari bahan dalam membuat contoh skripsi yang baik dan benar.

Sebelum melanjutkan proses penyusunan skripsi, ada baiknya dapat dilakukan terlebih dahulu dalam pembuatan contoh proposal skripsi, yang bertujuan untuk mengajukan penelitian dan biasanya proses pembuatannya dan penyusunan proposal skripsi tidak membutuhkan waktu yang sangat lama setidaknya membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu dalam proses pembutannya.

Definisi cara pembuatan proposal skripsi

Sebagai bahan pembelajaran membuat proposal skripsi yang harus dilakukan adalah ketika semester tiga atau semester empat banyak-banyaklah membaca tentang cara dan contoh dalam pembuatan proposal skripsi, sehingga nanti pada semester akhir anda tidak kesulitan dalam pembuatan proposal skripsi.

Lalu apakah proposal skripsi itu? Proposal skripsi adalah suatu bahan laporan dari penelitian pada tugas akhir mahasiswa, dalam teknik penulisan secara sistematika. Pembuatan proposal skripsi dari universitas dengan universitas lainnya mempunyai suatu karakter dan ciri khas yang berbeda dalam teknik penyusunan skripsi dan dilarang mengcopy hasil skripsi orang lain.

Apabila setiap mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas membuat proposal skripsi maka ada namanya sidang proposal (SP) yang mana pada sidang proposal tersebut dihadiri oleh delapan mahasiswa dan beberapa dari dosen penguji. Jika ujian proposal diterima oleh dosen penguji maka anda melanjutkan kepada tahap selanjutnya, dan jika anda gagal dalam sidang proposal maka anda harus memperbaiki proposal skripsi anda.

Berdasarkan bentuknya, proposal skripsi dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

  1. Proposal skripsi yang berskala kecil adalah bentuk proposal yang terdiri dari tiga bab dan menjadi satu biasanya pada contoh seperti ini memiliki suatu kelemahan dimana setiap penulisan skripsi, karena setelah mahasiswa mengerjakan proposal penelitian dimana mahasiswa harus mengerjakan setiap bab-bab pada skripsi dengan terpisah.
  2. Proposal skripsi berskala besar adalah contoh dari proposal skripsi yang disusun dengan cara sistematika penulisan Bab 1, Bab 2, Bab 3 dan Daftar Pustaka. Namun ada juga pihak dari universitas menginginkan sampai bab 4, dan disini memiliki keuntungan dimana keuntungan tersebut adalah mahasiswa dapat melanjutkan bab untuk penyusunan skripsi.

Adapun langkah-langkah dalam membuat proposal skripsi sebagai berikut.

  1. Cover adalah halaman depan skripsi, berisi judul skripsi, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program study, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.
  2. Judul Skripsi yaitu judul yang nantinya akan di ajukan kepada dosen pembimbing.
  3. Lembar Pengesahan dimana pada lembar ini nantinya akan di tanda tangani oleh dosen penguji anda. Umumnya pengesahan proposal skripsi hanya berupa acc dari dosen pembimbing utama di halaman cover.
  4. Daftar isi yaitu lembaran yang nantinya terdiri dari isi proposal dan halaman. Bertujuan untuk memudahkan dosen penguji dalam menemukan halaman.
  5. Kata pengantar berisi tentang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari pembuatan skripsi
  6. Daftar Tabel adalah daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi, fungsi dari daftar tabel adalah untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan.
  7. Daftar Gambar adalah daftar-daftar gambar yang berada pada selusuh isi dari proposal, daftar gambar hanya dipakai jika proposal skripsi anda terdapat gambar jika tidak terdapat gambar sebaiknya jangan sisipkan lembaran daftar gambar.
  8. Daftar Lampiran yaitu halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran lainnya yang dibutuhkan dalam penyelesaian tugas skripsi.
  9. BAB I merupakan bab pendahulu dari proposal yang berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
  10. BAB II adalah berisi tentang isi proposal, dengan mencantumkan landasan teori.
  11. BAB III adalah berisi tentang metode penelitan seperti lokasi dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan analisis data.
  12. Daftar pustaka berisi tentang referensi buku, situs web dan literatur dalam penelitian.
  13. Lampiran adalah halaman yang berisi data pendukung seperti scan atau fotokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir.
Kumpulan Contoh Proposal Skripsi

Adapun untuk contoh proposal skripsi berbagai jurusan fakultas bisa langsung download dibawah ini:

Download Contoh proposal skripsi hukum
Download Contoh proposal skripsi pai
Download Contoh proposal skripsi bahasa indonesia
Download Contoh proposal skripsi keperawatan
Download Contoh proposal skripsi bahasa inggris
Download Contoh proposal skripsi manajemen / Ekonomi
Download Contoh proposal skripsi akuntansi
Download Contoh proposal skripsi pendidikan
Download Contoh proposal skripsi bahasa arab
Download Contoh proposal tugas akhir d3
Download Contoh proposal Tesis

Selain mengunduh file diatas anda juga dapat membuat secara mandiri dengan beberapa contoh judul skripsi dibawah ini.

Kumpulan Contoh Judul Skripsi
  • Analisis Sistem Keamanan Jaringan Hotspot (Teknik Informatika)
  • Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 80 Batam Pada Pokok Bahasan Pembagian Bilangan Desimal Dengan Bilangan Bulat Melalui Latihan Terstruktur (Matematika)
  • Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Inflasi yang Terjadi Di Indonesia Tahun 1990 – 2005 (Ekonomi)
  • The Influence The Of Main Characters’ Conflicts Toward Plot In Oscar Wilde’s (Bahasa Inggris)
  • Efektivitas Consumer Relations Dalam Menjalin Hubungan yang Baik (Ilmu Komunikasi)
  • Sistem Informasi pada PT. Natural Berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL (Ilmu Komputer)
  • Hubungan Antara Harga Saham Dengan Nilai Tukar Mata Uang (Kurs) Rupiah Terhadap $ Dollar (Akuntansi)
  • Peranan Penyidik Dalam Membantu Penyelesaian Tindak Pidana Narkoba (Ilmu Hukum)
  • Perancangan Battery Charger Dengan Menggunakan Boost Converter (Teknik Elektro)

Demikian ulasan singkat dalam membuat contoh proposal skripsi dan beberapa contoh judul skripsi untuk anda yang sedang menjalani tugas akhir kuliah sarjana S1. Semoga informasi ini menjadi referensi dan bermanfaat untuk anda.